Rabu, 29 Januari 2014

Seni Itu Indah


    Halo Sahabat Chaurs, selamat malam semuanya :). Kali ini saya akan membahas tentang apa itu Seni. Kenapa seni? Karena saya sangat suka sekali seni (terutama seni rupa), bahkan tergila-gila (tapi jangan sampai gila beneran hehehe). Bahwa menurut saya segala sesuatu yang ada di sekeliling kita mempunyai unsur seni atau karya seni yang terkadang tidak kita sadari. Saya sendiri suka seni rupa (gambar) sejak sebelum sekolah. Ketika itu saya sering melihat kedua kakak saya menggambar untuk tugas sekolah. Saya langsung tertarik, dan sering meniru gambar-gambar yang dibuat oleh kedua kakak saya. Saya masih ingat saya sering meniru gambar rumah dan pesawahan yang kala itu lagi tren atau booming. Sering juga saya dan kakak saya menirukan acara menngambar di TV. Mungkin ada yang tahu, ada yang masih ingat, atau lupa, atau tidak tahu sama sekali. Yaitu acaranya Pak Raden. Itulah sekilas sejarah kesukaan saya terhadap seni. Nah langsung saja baca artikel di bawah ini, semoga bermanfaat :).
     Menurut wikipedia Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan.
Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu.
    Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Seni itu adalah se.ni
[a] (1) halus (tt rabaan); kecil dan halus; tipis dan halus: benda -- , benda yang halus bahannya dan buatannya

[n] (1) keahlian membuat karya yg bermutu (dilihat dr segi kehalusannya, keindahannya, dsb); (2) karya yg diciptakan dng keahlian yg luar biasa, spt tari, lukisan, ukiran; seniman tari sering juga menciptakan -- susastra yg indah

[n] (1) kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yg bernilai tinggi (luar biasa); (2) orang yg berkesanggupan luar biasa; genius






     Nah sudah pada tahu kan apa itu seni. Sekarang saya akan menerangkan apa itu seni rupa. Seni rupa seringkali kita jumpai tanpa sadar. Padahal seni rupa sudah melekat dengan kehidupan manusia sejak jaman lampau. Berikut ulasannya :
     Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan antara seni rupa murni dan seni rupa terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Sedangkan, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang.
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.
      Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Seni Rupa adalah  seni pahat dan seni lukis.
Yang artinya adalah seni yang dapat dilihat langsung oleh mata dan bisa dirasakan lewat indera peraba.
     Bagaimana Sahabat Chaurs, sudah paham kan apa itu seni dan seni rupa :). Demikian bahasan singkat saya tentang seni, bagi yang masih penasaran dan mau bertanya, silahkan :).

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Whats your question?